Persiku News - Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus memastikan 24 klub akan mengikuti kompetisi kasta tertinggi pada musim depan.

"Peserta kompetisi menjadi 24 tim, 14 tim yang berlaga di Liga Super Indonesia pada musim lalu. Empat klub tim promosi dan enam klub tambahan," jelas Sihar di kantor PSSI, Selasa (27/9/2011).

Keputusan ini sama seperti keputusan rapat Komite Eksekutif PSSI sebelumnya di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta beberapa waktu. Yang menjadi persoalan dari keputusan tersebut adalah enam klub baru ditunjuk oleh PSSI. 

Keenam klub tersebut adalah Persema Malang, Persibo Bojonegoro, PSM Makassar, PSMS Medan, dan Persebaya Surabaya. Persema, Persibo, dan PSM masih mendapatkan hukuman karena membelot ke Liga Primer Indonesia (LPI). "Ini sudah keputusan dari hasil rapat Exco," ujar Sihar.

Permasalahan lainnya, Persija dan Persebaya masih bermasalah dengan dualisme kepengurusan. Meski demikian, Sihar memastikan bahwa kedua klub tersebut akan ikut kompetisi. "Mereka ikut kompetisi musim depan. Soal masalah manajemennya siapa, itu masih dalam proses mediasi dalam beberapa hari ini sudah ada kesepakatan verbal. PSSI yang memediasi kedua klub tersebut," katanya.

Ia menambahkan, AFC akan memverifikasi 24 tim tersebut selama dua pekan mulai 30 September. Hasil inspeksi tersebut akan diumumkan pada 14 Oktober untuk menentukan klub-klub tersebut memenuhi standar Asia Champions League (ACL) atau tidak. Jika tidak memenuhi standar ACL, maka Indonesia tidak mendapatkan jatah tampil di Liga Champions Asia pada 2012-2013.

"Jumlah tidak akan berkurang lagi. Hanya labelnya yang berubah. AFC akan mengumumkan apakah 24 klub berlabel ACL atau tidak. Kalau tidak lolos, klub yang menjadi juara tidak bisa ikut ACL. Setiap pilihan ada konsekuensi," jelas Sihar.

PSSI merencanakan kompetisi liga musim ini akan mulai bergulir pada 14 Oktober. Total jumlah pertandingan sebanyak 552 laga.
(Kompas)

0 komentar:

Post a Comment

Petunjuk Berkomentar :
-> Pilih Name/URL
-> Isi dengan Nama anda
-> Kosongkan URLnya jika tidak punya
-> Atau isi URLnya dengan alamat FaceBook anda
-> Isi komentar anda
-> Lalu tekan Postkan Komentar

 
Persiku Kudus © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top