Persiku News, Jakarta - PSSI kembali bersikap semaunya sendiri. Kali ini membuat keputusan dengan mengatrol Persis Solo untuk kembali berlaga di Divisi Utama musim 2010/2011.
Persis diplot untuk mengisi posisi PSDS Deli Serdang yang mundur karena kesulitan dana. Naiknya Persis ke Divisi Utama adalah keputusan dari Exco PSSI.

Musim lalu, Persis adalah salah satu tim yang terdegradasi dari kancah Divisi Utama. Saat dilakukan playoff untuk menggenapi kuota 39 tim awal Agustus lalu di Semarang Persis kalah bersaing dengan Persiku Kudus.

Dengan kekalahan itu, sesuai aturan otomatis Laskar Samber Nyawa, sebutan Persis, harus turun kasta berlaga di kompetisi Divisi I Nasional yang pelaksanaannya di bawah kendali Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI). Oleh BLAI Persis pun dimasukkan dalam daftar 66 tim peserta Divisi I musim 2010.

Dari hasil drawing, Persis tergabung di Grup IX yang bermain di Banyuwangi. Tapi, dengan sengaja Persis tidak mengikuti kompetisi Divisi I. Itu membuat BLAI dengan tegas menyatakan Persis dikenai sanksi diturunkan ke level kompetisi di bawahnya, Divisi II. Dasar BLAI adalah menual liga. Jadi, kalau tiba-tiba saat ini Persis dinaikkan kembali ke Divisi Utama pasti ada "sesuatu?. 

"Pegangan kami adalah manual liga. Karena tidak ikut kompetisi sanksi untuk Persis adalah diturukan ke Divisi II,” cetus Syauqi Suratno,” sekretaris BLAI. "Tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa jika PSSI (Exco) membuat keptusan lain. Secara hirarkhi kami harus patuh pada apapun keputusan PSSI,” sambung Syauqi.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes yang dimintai komentar mengenai berita naiknya Persis ke Divisi Utama enggan berkomentar banyak. "Lihat saja nanti,” kilah Nugraha Kamis lalu (21/10).         

Sementara itu kemarin PT Liga merilis pembagian grup dan rancangan jadwal kompetisi Divisi Utama musim 2010/2011. Ketika dimintai konfirmasi tentang bergabungnya, Persis, CEO PT LI Joko Driyono mengungkapkan bahwa yang dipakai acuan menarik kembali Persis adalah karena Laskar Samber Nyawa menempati posisi kedua saat dilakukan playoff.

"Seandainya ada dua tim menyatakan mundur dari Divisi Utama, maka Persires Rengat yang akan menggantikan karena saat playoff berada di urutan posisi ketiga. Jadi dasar yang kami pakai adalah hasil kompetisi musim lalu,” kata Joko. 

Menurut Joko, PT LI juga sudah mengirimkan rancangan jadwal kompetisi Divisi Utama musim depan. PT LI akan memberi waktu satu minggu kepada klub dan stasiun televisi pemegang hak siar untuk memberi saran dan masukan untuk penyempurnaa. Kickoff Divisi Utama musim 2010/2011 akan dilakukan pada 15 November.(ali/ko/jpnn)

0 komentar:

Post a Comment

Petunjuk Berkomentar :
-> Pilih Name/URL
-> Isi dengan Nama anda
-> Kosongkan URLnya jika tidak punya
-> Atau isi URLnya dengan alamat FaceBook anda
-> Isi komentar anda
-> Lalu tekan Postkan Komentar

 
Persiku Kudus © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top