Jakarta, Jawa pos - Komposisi peserta Divisi Utama musim 2010-2011 hampir pasti berubah. Beberapa tim peserta helatan itu sudah mendeklarasikan bakal menyeberang ke Liga Primer Indonesia (LPI). Di
antaranya, Persebaya Surabaya, Persitara Jakarta Utara, dan PSIS Semarang.

Awalnya, selaku penyelenggara, PT Liga Indonesia (PT LI) menyatakan memutar kompetisi Divisi Utama musim depan dengan format tiga wilayah seperti musim lalu. Pesertanya even itu 39 tim. Tiap satu wilayah dihuni 13 tim. Kickoff bakal dilaksanakan sekitar satu bulan setelah Indonesia Super League (ISL) dimulai.

"Semua tim sudah mendaftar. Jumlah pasti tim yang ikut baru diketahui setelah acara managers meeting Divisi Utama yang akan kami helat pada 5 Oktober," ucap Joko Driyono, CEO PT LI, kemarin (22/9).

Tentang beberapa klub yang berpaling ke LPI, yang kabarnya dimulai pada pertengahan Oktober, PT LI menegaskan akan mengganti mereka dengan tim lain. Pria dari Ngawi itu memaparkan, sesuai dengan mekanisme, jika ada tim yang mundur atau diberhentikan sebelum kompetisi, pengganti harus lebih dulu mendapatkan persetujuan dari tim Komite Eksekutif PSSI.

"Sebab, itu tidak ada dalam manual liga," beber dia.

Jika PT LI tetap berjalan dengan rencana 39 tim di Divisi Utama musim depan, hengkangnya beberapa klub ke LPI membuka pintu bagi klub-klub lain untuk berkompetisi di Divisi Utama. Antara lain, Persis Solo dan Persires Rengat yang musim lalu harus terdegradasi ke Divisi I karena menempati posisi buncit di grup masing-masing.

Bila banyak tim Divisi Utama yang hengkang ke LPI dan PT LI memaksakan format 39 tim peserta, tidak tertutup kemungkinan beberapa tim Divisi I mendapatkan "durian runtuh", yakni naik takhta ke Divisi Utama. Pada akhir musim lalu, delapan besar tim Divisi I ditetapkan berhak promosi ke Divisi Utama.

0 komentar:

Post a Comment

Petunjuk Berkomentar :
-> Pilih Name/URL
-> Isi dengan Nama anda
-> Kosongkan URLnya jika tidak punya
-> Atau isi URLnya dengan alamat FaceBook anda
-> Isi komentar anda
-> Lalu tekan Postkan Komentar

 
Persiku Kudus © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top