Persiku News - Nasib Persebaya DU bakal ditentukan dalam dua pekan ke depan. Meski sudah menerima surat keputusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, PT Liga Indonesia (PT LI) akan memastikan tim-tim promosi-degradasi setelah final Divisi Utama 25 Mei mendatang.

Sekretaris Persebaya DU Wastomi Suheri menyatakan bahwa pihaknya telah menerima surat keputusan Komdis PSSI kemarin (10/5).  Ada dua sanksi yang dijatuhkan pada tim berjuluk Green Force itu. Selain hukuman pengurangan enam poin karena pemain ilegal pada pertandingan melawan Perseru Serui (7/4), komdis juga menghukum pemain tengah Kuncoro.

"Kami baru menerima suratnya jam 17.11 WIB. Ada dua hukuman. Selain hukuman karena pertandingan melawan Perseru, Kuncoro juga mendapatkan hukuman karena memukul pemain asing PSBI," terang Wastomi. Setelah menerima surat tersebut, Wastomi langsung mengabarkan pada Wishnu Wardhana ketua Persebaya DU.

Kini, lanjut Wastomi, cepat-lambatnya upaya banding akan ditenukan oleh sikap Wishnu. "Soal rapat pengurus tim untuk membahas sanksi ini, kami menunggu sinyal dari Pak Wishnu," terang dia. Wastomi menyebut perjuangan melawan sanksi komdis itu bukan sekedar perhitungan hak suara di Kongres PSSI. Tapi juga soal martabat sepak bola Surabaya.

Tapi surat komdis itu juga tak memberikan informasi sedikitpun tentang celah banding bagi Persebaya DU. Sebab, tidak ada keterangan apakah hukuman itu bisa diajukan banding atau tidak. "Keterangan terkait masa banding juga tidak tercantum," terang Wastomi.

Di sisi lain, coorporate secretary PT Liga Indonesia (PT LI) Tigorshalom Boboy menyatakan telah menyiapkan susunan klasemen akhir Divisi Utama. "Tapi akan kami merilis setelah kompetisi Divisi Utama berakhir nanti," kata Tigor. Final Divisi Utama dijadwalkan 25 Mei mendatang.

PT LI sendiri belum memastikan jumlah kontestan Divisi Utama musim mendatang. Sekedar diketahui, awalnya, regulator sepak bola nasional itu punya semangat memperkecil jumlah kontestan Divisi Utama. Mereka merencanakan sembilan tim degradasi dan enam tim promosi. PT LI ingin jumlah tim Divisi Utama menjadi 36 tim di musim depan nanti.

Namun, skenario itu sempat dipengaruhi oleh kebijakan PSSI dalam Kongres Tahunan di Bali, 21-23 Januari lalu. Saat itu, PSSI menjanjikan 14 tim Divisi I akan promosi ke Divisi Utama. Jika kebijakan itu lolos, maka semangat PT LI tak tersalurkan karena jumlah tim Divisi Utama justru semakin gemuk, 44 tim.

Kata Tigor, keputusan mempromosikan 14 tim Divisi I adalah produk kebijakan pengurus PSSI lama. Di sisi lain, hal itu juga bisa berubah karena kebijakan pengurus baru PSSI paska Kongres 20 Mei nanti. "Dan sampai sekarang kami belum memastikan jumlah tim Divisi Utama musim depan," terang Tigor.

Tak mengherankan jika Barito Putra atau Perseru belum mendapatkan kabar dari PT LI terkait perubahan klasemen. Padahal, kedua tim itu akan mendapatkan hikmah dari pengurangan enam poin Persebaya DU. Barito yang sebelumnya di peringkat enam akan naik ke pringkat kelima. Sementara Perseru akan terbebas dari degradasi karena naik ke peringkat sepuluh. "Kami belum mnegetahui soal keputusan komdis atau perubahan klasemen," terang Yance Banua manajer Perseru. (uan)
      
Hukuman Komdis untuk Persebaya DU
Penggunaan pemain ilegal:
-Dinyatakan kalah 0-3 atas Perseru
-Nilai dikurangi tiga poin
-Denda Rp 10 juta
Pemukulan Kuncoro pada pemain PSBI
-Denda Rp 5 juta

Rencana awal PT LI
- Sembilan tim degrdasi ke Divisi I
- Enam tim promosi ke Divisi Utama
- Kontestan Divisi Utama musim depan berjumlah 36 tim

Tim Promosi ke Divisi Utama berdasarkan di Kongres Tahunan di Bali, 21-23 Januari
1. PSBS Biak
2. Persbul Buol
3. Perssin Sinjai
4. PSBL Langsa
5. Madiun Putra
6. Persepam Pamekasan
7. PSGL Gayo Lues
8. Persewangi Banyuwangi
9. Persitema Temanggung
10. PSSB Sumbawa Barat
11. Persip Pekalongan
12. PSBK Blitar Kota
13. Persid Jember
14. Persepar Palangkaraya.
(JPNN.COM)

0 komentar:

Post a Comment

Petunjuk Berkomentar :
-> Pilih Name/URL
-> Isi dengan Nama anda
-> Kosongkan URLnya jika tidak punya
-> Atau isi URLnya dengan alamat FaceBook anda
-> Isi komentar anda
-> Lalu tekan Postkan Komentar

 
Persiku Kudus © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top