Persiku News - Laga tandang ke Jawa Timur yang akan dijalani tim Persiku Kudus pada awal Kompetisi Sepak Bola Divisi Utama Liga Indonesia pada Jumat (19/11) mendatang, dipastikan akan menghabiskan dana sekitar Rp300 juta.


Menurut Manajer Persiku Kudus Sam'ani Intakoris, di Kudus, Kamis, dua laga tandang yang akan dijalani tim Persiku pada awal Kompetisi Sepak Bola Divisi Utama Liga Indonesia 2010/2011, yakni melawan Persipro Probolinggo Jumat (19/11) dan PSMP Mojokerto Senin (22/11).

Ia mengatakan, dana sekitar Rp300 juta tidak hanya untuk membiayai tim ini berlaga di Jawa Timur, tetapi sebagian di antaranya digunakan untuk membayar gaji 23 pemain dengan nominal gaji yang bervariasi.

Untuk mendapatkan dana sebesar Rp300 juta, katanya, manajemen terpaksa mencari dana talangan dari pihak ketiga, mengingat dana Persiku untuk sementara waktu belum tersedia.

Dana bantuan yang diterima dari PT Djarum sebesar Rp500 juta dari total bantuan Rp1 miliar, diperkirakan sudah habis untuk kontrak pemain asing maupun pemain lokal, serta biaya operasional selama mempersiapkan tim ini berlaga di kompetisi Divisi Utama nantinya.

Bahkan, tim yang berjuluk Macan Muria masih harus menanggung utang sebesar Rp1,1 miliar untuk biaya mengikuti babak "play off" dan biaya operasional lainnya. 

Berdasarkan perkiraan pihak Manajemen Persiku, dana yang harus disiapkan untuk kontrak semua pemain, termasuk tiga legiun asing, yakni Varney Vasbokay, George Oyedevo, dan Alejandro Tobar sebesar Rp2,4 miliar.

Untuk membiayai kompetisi tim Persiku tahun 2010/2011, katanya, akan mengajukan anggaran melalui APBD 2011 sebesar Rp7,5 miliar.

Selain itu, kata dia, Manajemen Persiku juga berupaya menggalang dana dari sejumlah perusahaan swasta di Kudus, menyusul diterimanya bantuan dari PT Djarum Kudus.

Sebelumnya, Manajemen Persiku juga mendapat sinyal dari dua perusahaan swasta di Kabupaten Kudus, yang akan turut serta membantu pendanaan tim Persiku Kudus untuk mengikuti kompetisi, yakni dari PT Nojorono dan PT Pura Kudus.

Terkait dengan pendaftaran pemain ke PT LI, kata Sam'ani, hingga kini masih dalam proses, karena belum semua pemain terdaftar.

"Kami optimistis, semua pemain bisa dimainkan pada awal 'kick off', termasuk tiga legiun asing yang ada," ujarnya.

Persoalan dana yang masih mendera Persiku, dipastikan tidak akan terlalu berpengaruh besar terhadap motivasi pemain menjalani kompetisi tahun ini. "Kami sudah memberikan penjelasan secara terbuka, termasuk upaya kami mendapatkan dana untuk membiayai tim ini hingga akhir kompetisi," ujarnya.

Meskipun mengalami persoalan pendanaan, persiapan tim Persiku cukup matang, menyusul hasil positif yang dipetik anak asuh Lukas Tumbuan dalam beberapa kali uji coba.

Di antaranya, kemenangan atas tamunya PPSM Magelang pada laga uji coba di Stadion Wergu Wetan, Kudus, Jumat (22/10) lalu, dengan skor akhir 2-0.

Kemenangan kembali diperoleh tim Persiku saat menjamu Persik Kediri pada Minggu (31/10) lalu, dengan skor akhir 3-0. 
(ANTARA)

0 komentar:

Post a Comment

Petunjuk Berkomentar :
-> Pilih Name/URL
-> Isi dengan Nama anda
-> Kosongkan URLnya jika tidak punya
-> Atau isi URLnya dengan alamat FaceBook anda
-> Isi komentar anda
-> Lalu tekan Postkan Komentar

 
Persiku Kudus © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top