Persiku News - Dualisme kompetisi di PSSI ternyata tak membuat nilai Indonesia Super League (ISL) terjun bebas. Sebaliknya nilai kontrak kompetisi kasta tertinggi era Nurdin Halid ini meroket. Adalah PT Djarum, Tbk. yang berani membayar lebih mahal penyelenggaraan kompetisi dari musim sebelumnya.

“Saya belum bisa katakan berapa persen kenaikan nilai kontraknya dari musim kemarin. Kami masih melihat kondisi ke depan. Tapi dipastikan naik karena inflasi,” ujar perwakilan Djarum Yunanto Ali ketika dihubungi kemarin (30/11).

Musim lalu, pabrikan rokok asal Jawa Tengah itu membanderol ISL dengan nilai kerja sama Rp40 miliar. Nilai itu sudah termasuk pembiayaan ISL U-21 dan Community Shield. Untuk musim ini, Direktur PT Zentha Hitawasana masih menunggu kondisi terakhir.

Dia tak ingin masuk dulu sebelum polemik di internal PSSI reda. Sebab, ini terkait dengan imej produk. Namun, dia memastikan, dana dari Djarum hanya untuk ISL. “Karena kompetisi inilah yang kami anggap profesional,” ujarnya.

PT Liga Indonesia selaku regulator ISL, melalui CEO-nya Joko Driyono, menegaskan bahwa Djarum memang sebagai sponsor utama ISL. Penegasan ini karena dilatar belakangi hubungan kedua pihak. Djarum sendiri sudah membantu persepakbolaan Indonesia selama lima musim terakhir. “Hubungan kami sudah terlanjur baik dengan Djarum jadi tak mungkin kami berpaling dari mereka,” terang Joko.

ISL sendiri akan digelar 1 Desember setelah mendapat restu dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Partai Persipura v Persiba Balikpapan diplot sebagai laga pembuka. Pertandingan itu akan digeber di Stadion Mandala, Jayapura. Dengan diikuti 18 tim, ISL 2011/2012 akan pertandingkan 306 laga. Dengan pembukaan 1 Desember, ISL akan kelar pada Juli.

Untuk semarakkan kompetisi ISL, Antv siap menyiarkan langsung 200 pertandingan dari total 306 laga. Jumlah ini naik sekitar 50 laga yang dari musim sebelumnya yang hanya 152 live. Untuk cover itu, Antv akan  kerahkan empat perlengkapan plus empat tim produksi dengan kekuatan 150 personil. Dan kamera slow motion.

“Kami akan menayangkan langsung sekitar 200 laga tahun ini dari seluruh pelosok Indonesia, dari Papua sampai Aceh., Mudah-mudahan masyarakat Indonesia terpuaskan,” ungkap Presdir Antv Dudi Hendrakusuma.

Rinciannya, per pekan akan ada sembilan laga live. Di sore hari akan ditayangkan pada Senin sampai Minggu. Sedangkan untuk malam hari pada Sabtu dan Minggu. Bagi Antv, kerja sama dengan ISL ini sudah memasuki tahun kelima dari 10 kontrak yang telah disepakati dengan nilai Rp100 miliar atau Rp10 miliar permusim. Untuk musim 2011/2012, Antv membeli hak komersial juga. Nilainya Rp130 miliar per tahun. “Jadi tidak ada hari tanpa sepak bola,” tegasnya.

0 komentar:

Post a Comment

Petunjuk Berkomentar :
-> Pilih Name/URL
-> Isi dengan Nama anda
-> Kosongkan URLnya jika tidak punya
-> Atau isi URLnya dengan alamat FaceBook anda
-> Isi komentar anda
-> Lalu tekan Postkan Komentar

 
Persiku Kudus © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top